Tips Mengurangi Biaya Pemakaian Listrik

Tip menghemat pemakaian listrik, artikel umum yang sederhana kali ini berbagi bagaimana cara mengurangi atau menekan biaya pemakaian listrik, sehari-hari dirumah tangga.

Tips sederhana, mengetahui perangkat listrik berdaya besar, boros.
Beberapa perangkat membutuhkan daya yang besar, semakin besar daya yang dibutuhkan otomatis pula besar pemakaian listrik meningkat (kwh), perangkat yang umum dipergunakan di rumah tangga dan tergolong boros listrik :
  1. Kulkas
  2. Mesin Cuci
  3. Mesin Air, (sanyo/pompa air).
  4. Strika, Pengering rambut, catok rambut.
  5. Rice Coocker (penanak nasi).
  6. Dispenser
  7. AC (pendingin ruangan).
  8. Televisi Tabung / Monitor Tabung
  9. Lampu Pijar

Tips Menghemat Pemakain Listrik

Menghemat pemakaian listrik, dapat mengurangi biaya pembayaran token listrik, 
  1. Mematikan pemakaian Listrik jika tidak digunakan.
  2. Ganti Lampu Pijar dengan lampu hemat energi, Pengguna lampu pijar lebih boros listrik.
  3. Tips mengehemat pemakaian listrik pengguna Mesin Air, sebaiknya menggunakan penampungan air atau bak penampungan, tujuannya agar pompa air / mesin air tidak terlalu sering untuk dinyalakan baca juga artikel Buat sendiri Otomatis Penampung Bak Air, agar air dalam penampungan tidak melimpah karena kepenuhan.
  4. Tips menghemat listrik untuk pengguna AC, pada dasarnya ac hampir sama dengan kulkas tergolong perangkat elektronik yang boros listrik, semakin dingin suhu yang diinginkan maka semakin besar daya yang diperlukan ac guna mendinginkan ruangan, tips sederhananya gunakan ac berteknologi inverter, atur suhu ac dan gunakan fungsi timer / timmer sleep.
  5. Televisi Tabung atau Monitor Tabung, perangkat elektronik ini juga tergolong perangkat yang boros listrik, sebaiknya gunakan televisi lcd atau monitor lcd.
  6. Dispenser, peralatan pemanas air yang satu ini seringkali kita abaikan dan tidak sedikit dari kita sering menyalakan dispenser hingga 24 jam / daya yang dibutuhkan untuk memanaskan air cukup besar diatas 100 watt, pemanas yang terdapat pada dispenser akan menyala otomatis (kondisi dispenser menayala) jika suhu air dalam tabungnya turun, jadi bisa di pastikan dalam waktu 24 / jam bisa berapa kali dispenser tersebut menyala agar air tetap panas, tips sederhananya matikan dispenser jika tidak digunakan, lebih baik anda menunggu beberapa menit untuk memanaskan air dari pada harus membiarkan menyala terus menerus.
  7. Kulkas, juga termasuk perangkat yang boros listrik tips sederhananya sebisa mungkin memasukan apapun kedalam kulkas dalam keadaan dingin, seperti memasukan makanan tunggulah hingga dingin, jangan memasukan barang kedalam kulkas terlalu banyak, jangan terlalu sering di buka dan pastikan menutup pintu kulkas rapat-rapat.
  8. Strika, pengering rambut, catok rambut peralatan pemanas ini diatas 200Watt, tips sederhana sebaiknya tidak menyalakannya tiap hari, buatlah jadwal atau waktu untuk mengosok pakaian dengan strika listrik, begitu juga dengan pengering rambut sebisa mungkin tidak menggunakannya tiap hari atau tiap jam.
Kebanyakan peralatan elektronik seperti disebutkan diatas, memakan daya lebih dari yang tertera apa lagi saat-saat star awal, hal ini bisa anda buktikan dengan menggukur kuat arus dan kemudian kalikan dengan tegangan sumber listrik, alat ukur paling mudah untuk mengukur kuat arus tanpa harus memutus kabel bisa gunakan tang amper, baca : cara mudah mengukur kuat arus dengan menggunakan tang amper.

Update 2014 Biaya pemakain listrik membengkak setelah menggunakan KWH Baru (kwh pulsa).
Hal aneh yang saya temukan saat memperhatikan biaya listrik setelah menggunakan kwh baru, kwh listrik yang menggunakan pulsa, percaya atau tidak tapi ini keyataan dilapangan setelah beralih ke kwh baru dan ditotal besar pengeluaran yang dikeluarkan dalam satu bulannya ternyata lebih mahal. dan saat ditanyakan kepada petugas pln, mereka hanya bilang itu tergantung dari pemakaian. anehnya tidak ada penambahan peralatan elektronik baru di rumah tersebut, sedangkan untuk pemakaian masih dikategorikan normal sama seperti semual, baca juga:cara menghemat pemakian listrik, topik yang sama tuk tips menghemat atau mengurangi biaya pemakian listrik.

Jadi apa ya Penyebabnya ?
saya sedang mencari tahu penyebabnya karena, saya sendiri tidak mendapat jawaban dari petugas pln, jika ujicoba ini berhasil dan tau apa penyebabnya saya akan coba share kembali di situs ini, buat sobat silahkan bookmark (ctrl + d), atau masukan email anda di bagian berlangganan via rss dibawah ini guna mendapatkan update terbaru dari blog ini, terimakasih.

Nb. Hati-hati menggunakan perangkat tambahan untuk menghemat listrik (capasitor), pemakaian kapasitor dengan beban yang tidak sesuai akan merugikan anda, karena penggunaan kapasitor bukan pada arus DC, jangan mudah tertipu dengan penawaran-penawaran alat penghemat listrik
Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
Jumat, 30 Agustus, 2013 ×

Thanks for sharing , salam kenal dari Dompet Inspirasi

Balas
avatar
admin
Jumat, 08 November, 2013 ×

Pak, saya saleh...
sebelumnya maaf mengganggu pak,.

boleh minta' referensinya gak,..?
saya rencana mau beli hp smartphone, pi bingung mo beli merk apa,..?
untuk bajej yang di sediakan 2 juta, mohon pencerahannya pak,..?

salam pak,..
makasi pak sebelumnya,..

Balas
avatar
admin
Selasa, 12 November, 2013 ×

waduh kalau untuk merek gak patokan saleh, lu coba aja buka kalkulatornya coba tes: 4+2x3 = 10, 2+4x3 = 14, hasilnya, kalau yg bukan smartphone pasti hasilnya = 18.

Balas
avatar
admin
Senin, 24 Februari, 2014 ×

makasih pak informasinya.. sangat perbuna sekali..

Balas
avatar
admin
Rabu, 16 April, 2014 ×

ada alat khusus buat hemat listrik ga pak ?

Balas
avatar
admin
Jumat, 13 Juni, 2014 ×

ada tuh yang jual di pasang di stop kontak, tapi bisa juga di buat sendiri mas

Balas
avatar
admin
Sabtu, 12 Juli, 2014 ×

nice post, thank you

Balas
avatar
admin

Silahkan berikan komentar anda tentang entri ini, No Spam tidak meninggalkan link didalam kolom komentar. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment