Cepat Belajar Membaca Nilai Tahanan Resistor

Cara Cepat Belajar membaca nilai tahanan resistor - pengen bisa menguasai elektronika hingga bisa membuat rangkaian elektronika sendiri hal paling penting yang harus dikuasai adalah bisa membaca gelang warna tahanan resistor secara cepat.

Mungkin sudah pada pernah tau dasar-dasar elektronika, termasuk membaca nilai gelang warna tahanan resistor, tulisan kali ini tidak cocok jika dihubungkan secara teori tetapi hanya sebatas share bagaimana cara cepat untuk bisa membaca menentukan nilai tahanan resistor dari melihat gelang warna resistor.

gelang warna resistor
Ok gak panjang-panjang sedikit cerita kenapa artikel ini saya tulis, kemaren sore ada anak-anak yang sedang membuat tugas katanya dari kampusnya buat adaptor, tapi kok masih saja gak bisa baca gelang warna nilai tahanan resistor.

kenapa ya sulit sekali membaca besar nilai tahanan resistor, harusnya dengan melihat sepintas saja sudah bisa baca dan tentukan berapa besar nilai tahanannya, terkecuali harus menentukan toleransi maximum dan minimumnya karena kalau hanya sebatas menentukan besaran nilai tahanan sangat mudah sekali.

Cepat Belajar Membaca Nilai Tahanan Resistor

Resistor merupakan komponen elektronika, yang berfungsi sebagai tahanan / hambatan dengan satuan ohm, simbol Ω,ada beberapa jenis resistor yang banyak beredar, kesempatan kali ini situs eaction mencoba share bagaimana cara menentukan besaran nilai tahanan sebuah resistor berdasarkan gelang warna secara cepat, sedangkan untuk jenis SMD ( Surface-mount Device ), akan dibahas pada tulisan berikutnya.

Panduan Dasar, Tabel Nilai tahanan berdasarkan warna.

tabel-gelang-warna-resistor
Tabel Kode Warna Resistor, img src google
Kunci pertama untuk bisa membaca dan menentukan berapa besar nilai tahanan sebuah resistor dengan melihat warna-warna gelang yang terdapat pada resistor tersebut, kita harus tahu dan hapal nilai tahanan dari warna, lihat tabel kode warna resistor diatas.

Yang perlu dihapal
belajar baca resistor dengan cepat
Nilai Tahan Berdasarkan Warna
Jika anda sudah hapal nilai tahanan dari setiap kode warna diatas, langkah selanjutnya menentukan posisi urutan gelang warna, hal ini penting agar tidak salah saat melakukan pembacaan berdasarkan urutan, gelang satu, dua, tiga dan empat, perhatikan gambar berikut ini :

Urutan Kode Gelang Warna Pada Resistor (4 Gelang)

Setelah mengetahui urutan kode gelang warna pada sebuah resistor, selanjutnya cara untuk menentukan atau membaca berapa besar nilai tahanan berdasarkan urutan warna-nya.

Contoh lihat dan hubungkan dengan tabel kode warna diatas,

Contoh 1 :
Pita ke-1 = Hijau, Pita ke-2 = Biru, Pita ke-3 = Perak, Pita ke-4 = Emas.
Nilainya adalah 0,56 Ω, dengan Toleransi 5%.

Contoh 2 :
Pita ke-1 = Hijau, Pita ke-2 = Biru, Pita ke-3 = Emas, Pita ke-4 = Emas.
Nilainya adalah 5,6 Ω, dengan toleransi 5%.

Contoh 3 :
Pita ke-1 = Hijau, Pita ke-2 = Biru, Pita ke-3 = Hitam, Pita ke-4 = Emas.
Nilainya adalah 56 Ω, dengan Toleransi 5%.

Contoh 4 :
Pita ke-3 = Hijau, Pita ke-2 = Biru, Pita ke-3 = Coklat, Pita ke-4 = Emas.
Nilainya adalah 560 Ω, dengan Toleransi 5%.

Cara Cepat membaca nilai tahanan, Untuk Resistor Gelang Empat

Previous
Next Post »

Silahkan berikan komentar anda tentang entri ini, No Spam tidak meninggalkan link didalam kolom komentar. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment