Pengertian Voltmeter Ampermeter Ohm Meter

pengertian voltmeter-ampermeter
Pengertian Voltmeter Ampermeter Ohm Meter -  untuk seorang teknisi sudah bisa dipastikan membutuhkan alat ukur guna mengukur besaran nilai tahanan, besaran nilai tegangan dan kuat arus.

Pada postingan sebelumnya pernah juga posting belajar menggunakan mutlitester atau avo meter untuk mengukur tegangan, kuat arus amper juga mengukur tahanan ohm meter.

  1. Voltmeter / Volt Meter
    Voltmeter adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur tegangan listrik. Dengan ditambah alat multiplier akan dapat meningkatkan kemampuan pengukuran alat voltmeter berkali-kali lipat.

    Gaya magnetik akan timbul dari interaksi antar medan magnet dan kuat arus. Gaya magnetic tersebut akan mampu membuat jarum alat pengukur voltmeter bergerak saat ada arus listrik. Semakin besar arus listrik yang mengelir maka semakin besar penyimpangan jarum yang terjadi.

     
  2. Amperemeter / Ampere Meter
    Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik. Umumnya alat ini dipakai oleh teknisi elektronik dalam alat multi tester listrik yang disebut avometer gabungan dari fungsi amperemeter, voltmeter dan ohmmeter.

    Amper meter dapat dibuat atas susunan mikroamperemeter dan shunt yang berfungsi untuk deteksi arus pada rangkaian baik arus yang kecil, sedangkan untuk arus yang besar ditambhan dengan hambatan shunt.

    Amperemeter bekerja sesuai dengan gaya lorentz gaya magnetis. Arus yang mengalir pada kumparan yang selimuti medan magnet akan menimbulkan gaya lorentz yang dapat menggerakkan jarum amperemeter. Semakin besar arus yang mengalir maka semakin besar pula simpangannya.
  3. Ohmmeter / Ohm Meter

    Ohm meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur hambatan listrik yang merupakan suatu daya yang mampu menahan aliran listrik pada konduktor. Alat tersebut menggunakan galvanometer untuk melihat besarnya arus listrik yang kemudian dikalibrasi ke satuan ohm.

sumber pengertian voltmeter,ampermeter dan ohmmeter dikutip dari : http://organisasi.org/fungsi-pengertian-amperemeter-voltmeter-ohmmeter-alat-ukur-listrik-ilmu-fisika.

Artikel Pengertian Voltmeter Ampermeter Ohm Meter diposting guna melengkapi tutorial seputar dasar-dasar elektronika dan pelajaran fisika.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Senin, 07 Juli, 2014 ×

Terima kasih atas informasinya..
saya ingin bertanya apa perbedaan dari micro ohm meter dengan mili ohm meter?

Balas
avatar
admin
Senin, 07 Juli, 2014 ×

Nanovolt/Micro-Ohm Meter :
Alat ini berfungsi untuk mengukur tegangan dalam satuan nanovolt dan resistansi dalam satuan microOhm. Alat ukur dengan sensitivitas 100pv/100n ini, dapat digunakan dalam perancangan dan analisis rangkaian elektronika.
Milliohm Meter :
Milliohm meter ini berfungsi untuk mengukur resistansi, reaktansi, induktansi dan impedansi suatu komponen elektronik. Alat ukur dengan resolusi 5 digit ini mampu mengukur hambatan dari 10μ hingga 100k. Alat ini dapat digunakan dalam pengujian temperatur lilitan motor menggunakan metoda pengukuran resistansi kumparan.

Balas
avatar
admin

Silahkan berikan komentar anda tentang entri ini, No Spam tidak meninggalkan link didalam kolom komentar. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment